Minggu, 03 Februari 2008

Warung kopi

“Ora turu Jeng Ayu?”

“Mengko disit, tanggung” wanita paruh baya itu masih asik dengan kegiatan rutinnya.

“Tanggung opo?” Tanya pria itu lagi.

Hari sudah larut malam, wanita paruh baya yang biasa di panggil Jeng Ayu, terlihat makin sibuk saja. Sibuk merapikan warung kopi miliknya. Jeng Ayu, sudah cukup lama membuka usaha warung kopi. Tepatnya sejak suaminya pergi meninggalkannya begitu saja. Maka sejak saat itu jeng Ayu bergantung hidup pada warung kopinya.

Bisa dibilang kalau Jeng Ayu adalah janda semok, meski usianya sudah tak muda lagi namun penampilanya tetap oke punya. Jeng ayu ditinggalkan oleh suaminya lantaran Jeng Ayu divonis mandul oleh dokter, sementara suami Jeng Ayu yaitu Mas Kirman sangat ingin mempunyai anak, dan saat itu tanpa pertimbangan dengan Istrinya Mas Kirman menikah lagi dengan seorang gadis. Karena merasa harga dirinya diinjak-injak maka Jeng Ayu pun meminta untuk di ceraikan saja.

“Iki loh Mas, aku lagi ngitung setoran lonte-lonteku,” Selain usaha warung kopi, Jeng Ayu pun memiliki usaha sampingan “Untuk sekedar nemenin minum kopi kok Mas” begitu alasanya ketika di tanya kenapa ia berbisnis sewa-menyewa lonte.

“Hihihi ….. piye, rame usahamu Jeng?” Mas Bowo, pria yang keseharianya bekerja sebagai mandor ini sering sekali mampir ke warung kopi jeng Ayu, bisa dibilang dia adalah langganan tetap warung kopi Jeng Ayu.

“Ya … begitulah Mas, namanya juga usaha” Jawab Jeng Ayu dengan logat Jawanya yang cukup kental.

“Siipp lah Jeng.”

“Sampeyan arep sewa lonteku Mas?” Jeng Ayu mulai mendagangkan lontenya, sebenarnya tidak setiap malam Jeng Ayu menawarkan lonte-lontenya, karena setiap orang yang datang ke warung kopinya dengan sendirinya akan menyewa salah satu lonte milik Jeng Ayu.

“Weh … asih ono toh Jeng?” Jawab pria yang berperawakan tinggi besar

“Ya .. ono toh Mas” Jawab Jeng ayu semangat. Biasanya sih kalau sudah larut begini lonte jeng Ayu sudah terboking semua, tapi entah ada apa malam ini, lontenya masih ada yang berdiam diri di markas, belum ada yang minat untuk menyewanya.

“Pesen siji ono ?” Pria itu menyodorkan cangkir kopinya yang sudah kosong.

“Ya ono toh Mas, ono telu sampean pilih dewe. Sa’karepmu?” Jeng Ayu memanggil ketiga lontenya, yang sejak tadi belum ada yang minat untuk menyewanya.

“Wah … tenan iki Jeng?”

“Ya … tenan toh Mas, sampean ta’ kasih diskon.” Mas Bowo memang belum pernah sama sekali menyewa lonte milik Jeng Ayu “Terlalu ranum Jeng, aku ra’ tega” begitu alasan Mandor itu ketika di tawarkan lonte milik Jeng Ayu.

“Sampean pilih saja, sa’karepmu. Ono sing klop, ya wis langsung boyong …. hahhahahah” Jeng Ayu tertawa lepas, sementara ketiga lontenya harap-harap cemas (berharap semoga di pilih oleh Mas Bowo dan cemas bila tak terpilih, karena nanti bisa kena semprot oleh Jeng Ayu).

“Hmmm ….” Gumam Mas bowo sambil menggaruk-garuk kepalanya.

“Jeng, gimana kalau aku sewa kamu saja malam ini,” Mas Bowo kembali mencoba menggoda Jeng Ayu. Sebenarnya Mas Bowo sangat menaruh hati pada Jeng Ayu, dia juga pernah mengungkapkan isi hatinya pada Jeng Ayu.

“Aku tresno karo sampeyaan Jeng Ayu”

“Huh … ra’ sudi aku Mas, sampean wis duwe bojo, anak banyak. Moh aku” Jawab Jeng Ayu saat itu.

“Sembarangan sampeyan Mas, aku ini dudu lonte, aku ini germo, sebagai germo aku ora oleh nyerobot lahan lonteku” jawab Jeng Ayu seraya mencibir ke aarh Mas Bowo.

“Ya … sekali-kali ra’ popo lah Jeng”

“Ora … Emoh aku!”

“Ya wis Mas, sampean pilih saja, tuh lonteku sudah nunggu, aku tinggal kedalem dulu” Jeng Ayu masuk ke dalam rumah sambil membawa kotak uang hasil setoran beberapa lontenya yang sudah balik kandang.

“Arep turu Jeng?” Mas Bowo sedikit membuntuti Jeng Ayu kedalam rumahnya.

“Dudu … aku arep sembayang”

“Sembayang opo toh Jeng, tengah malem begini”

“Sembayang tahajud, arep mohon ampun karo gusti Allah. Oh iya Mas, nanti kalau sudah pilih lonteku, jangan lupa kasih dia tips yang banyak …. hahhahahha” Jeng Ayu segera menutup pintu kamarnya.

0 Comments:

Post a Comment