Sabtu, 22 Desember 2007

Undang-Undang


Hanya cerita iseng yang ku buat bersama nirozero

______

Alkisah pada suatu sore dua orang sahabat Dini dan Yudis ingin pergi jalan-jalan sore, maklum lah ceritanya Dini dan Yudis adalah seorang mahasiswa yang mahasibuk, hampir setiap hari kegiatannya lebih sering di lakukan di kampus, bahkan tak jarang merekapun mandi dan tidur di kampus, maklum saja rumah mereka jauh dari kampus, jadi ini adalah salah satu alternatif mereka untuk menghemat pengeluaran.

“Din ... jalan-jalan kemana ya enaknya?” tanya Yudis yang mulai gerah, maklum aja rambut Yudis gondrong berantakan gak jelas. Katanya si biar keliatan kalau dia orang seni (Yudis itu anak band loh)

“Emmm ... kemana ya ? Gimana kalo kita ke rumah Om gue aja di Grogol” Jawab Dini dengan wajah sumringah. Dini adalah temen dekat Yudis mereka sudah saling kenal sejak jaman SMA dulu, Dini cewek yang lumayan tomboi, hobinya baca majalah gosip *tomboi kok demen majalah gosip ... aneh

“Ok deh .. boleh” Yudis setuju dengan ajakan Dini


******

Yudis dan Dini duduk manis di halte, dengan sikap manis mereka menunggu Bus yang mereka maksud, sesekali pandangan Yudis dan Dini mengelilingi area sekitar, apa saja yang mereka lihat tanpa segan mereka komentari, dari mulai tukang koran, pedagang asongan, sampe tukang minta-minta, bahkan polisi yang perutnya buncitpun habis mereka jadikan bahan olokan *maklum mahasiswa aktif kan paling suka mengkritik .... hehhehe

“Yud ... lo liat deh, pengamen yang di lampu merah itu, gila ya ... masih kecil banget” Dini terus mengarahkan padanganya ke arah pengamen kecil tersebut. Naluri keibuanya keluar iba melihat bocah pengamen tersebut *biar tomboi Dini kan tetep wanita.

“Iya ... kasian, makanya lo kudu banyak bersyukur Din” timbal Yudis sok bijak

“Ho oh .... gue mo nyamperin tu anak ah, gue mo kasih duit, kesian bener dari tadi gue perhatiin dari sekian banyak mobil mewah gak ada satupun yang ngasih.” Dini segera mengambil uang dari saku kemeja panelnya dan beranjak dari halte.

“Eh ... Din, lo jangan ngasih duit ke tu anak!” Yudis menarik lengan kemeja Dini.

“Yeee ... mang kenapa, gue gak boleh ngasih tu anak duit ?!” Dini merasa aneh pada Yudis, karena setau dia Yudis adalah tipe orang yang peduli banget ama sekitar, tapi kenapa kali ini Yudis benar-benar melarang Dini melakukan hal sosial.

“Eh ... dudulz mang lo gak tau apa ? Sekarang tuh ada Undang-undang yang isinya larangan memberikan santunan buat pengamen dan pengemis jalanan” Jawab Yudis sambil melirik si polisi bertubuh gempal dengan perut yang super buncit.

“Buseettt .... peraturan yang aneh !! siapa yang bikin sih ? Kok gue gak pernah denger ya ?!! Bodo amat ah! Lepasin gue!” teriak Dini. Dia nekat sebab dia merasa bener. Emang ada dalam Al-Qur’an ngasih duit ke orang itu dosa? Kok negara berani bener melarang orang berbuat baik, Jahat banget tuh pemerintahannya. Pasti kebanyakan makan duit korupsi. Jadi, otaknya ketularan korup tuh!

Dini tetep nekat mendekati anak kecil tersebut dan memberikan selembar uang ribuan ke dalam kaleng kecil di tangan anak itu. Anak itu tersenyum polos. Dengan segala ketulusan hati dia mengucapkan terima kasih kepada Dini. Dini pun tersenyum kepada anak itu. Lega rasanya setelah berbuat baik walau hanya sekali saja.

Tapi, belum sempat kembali kepada Yudis. Tahu-tahu seorang polisi berperut buncit yang tadi mereka gosipin sudah ada tepat di belakang Dini. Dia langsung menegur Dini.

“Mbak! Anda melanggar UU Perda tentang larangan memberi santunan kepada gelandangan. Terpaksa Anda harus saya tangkap,” ucap polisi itu tiba-tiba. Dini yang nggak terima dengan perlakuan semena-mena itu nyolot juga. Karena dia merasa dirinya benar. *Dini emang paling hobi nyolot ... sekali lagi maklum aja doi mahasiswa aktif ... aktif ikut demo maksudnya.

“Lho ... Pak, saya kan berbuat baik, kok Bapak mau tangkap saya sih? Mendingan Bapak tangkep tuh preman yang nongkrong di pinggir jalan,” katanya sambil nunjuk-nunjuk Yudis. Sementara si bocah yang pengamen hanya memandang mereka dengan heran.

Yudis spontan kaget pas ditunjuk-tunjuk seperti itu. Dia jadi ngerasa dijadikan kambing hitam sama Dini. Dan akhirnya bocah pengamen itu pergi menjauh “Gak ikutan ah …. “ ujarnya sambil berlalu.

“Duh, tuh anak! Padahal dah dikasih tahu tetep ngeyel juga! kena kan loe sekarang,” gerutu Yudis.

Tapi, karena Yudis orangnya baek dan nggak pendendam. Dia nggak langsung kabur ketika ditunjuk-tunjuk sama Dini. Dia malah mendekati Dini dan polisi itu untuk menjelaskan semuanya.

“Ada apa Pak?” tanya Yudis dengan tampang innocent (ingin nonjok cetengah mati maksudnya).

“Oh, jadi kamu juga mau menyerahkan diri sama saya?!” bentak polisi buncit itu. *mungkin ini azab gara-gara tadi mereka gosipin polisi ini

“Weits, nggak pak! saya cuma pingin tahu aja pokok permasalahannya, cuma itu kok Pak!” ucap Yudis ngeles. Fyuh! Angker banget sih nih polis. Pasti tadi malem abis nelen boneka jelangkung deh! Atau jangan-jangan dah tengah hari bolong gini doi lom dapet duit tilangan ?... wakakka

“Ini lho dek! Teman kamu ini melanggar UU Perda tentang larangan memberi santunan kepada gelandangan. Dan teman kamu ini masih nekat kalau dia tidak bersalah!” ucap polisi itu garang. Yudis lalu manggut-manggut seperti burung onta nelen kacang kenari. Jakunnya yang bulet gedhe naik turun di lehernya yang kurus.

“Oh, gini Pak! Temen saya ini masih baru di Jakarta. Jadi, dia belum tahu peraturan terbaru disini. Jadi, maafin temen saya ya Pak!” kata Yudis meminta maaf.

“Lho, kok gue sih yang harus minta maaf. Seharusnya hmmmfffh. . . . .” Yudis buruan membungkam mulut Dini yang ember abis.

“Sssstt! Diem loe Din. Gue baru nyelametin loe dari denda tiga puluh jeti!” bisik Yudis ke telinganya Dini.

“Ngg. . . Pak. Kita kan sesama warga Jakarta ya Pak. Kita damai aja yuk Pak.” Rayu Yudis pada Polisi yang bentuknya dah kayak teletubies.

“Tapi … nggak bias!!. Temen kamu ini kan. . . .”

“Temen saya lom ngasih duit damai maksud Bapak ?” Sebelum polisi itu selesai ngomong. Yudis segera menyalami tangan polisi itu dengan segepok duit. *tau gak yang di kasih ke tu polisi cuma duit ribuan tiga lembar ... hehheeh

“Wah, makasih banget nih Pak! Kebetulan bus kite dah dateng! Kita pamit dulu yee!!!” kata Yudis sambil tersenyum penuh arti dan polisi itu keliatannya nangkep bener apa yang dimaksud sama Yudis.

“Oh, gitu ya. Ati-ati lho Dik! Belajarnya yang giat ya!” kata polisi itu dengan tersenyum.

“Pak .. besok-besok saya mau usul sama pemerintah supaya di bikin UU buat polisi-polisi rakus macam Bapak, yang doyan minta duit damai ama warga Jakarta” bisik Dini ke telinga Pak polisi. Dini tampak emosi, Yudis langsung memanggil Dini untuk segera masuk kedalam bus. Untungnya setelah Dini masuk kedalam bus, supir bus langsung tancap gas, klo gak bisa kena semproot si Dini dah ngomong begitu sama polisi.

“Emang tadi polisi itu loe kasih berapa Dis?” tanya Dini kemudian. Dia ternyata tahu udang di balik bakwannya Yudis.

“Tiga ribu.”

“Ha ?!”

“Biarin. Yang penting kita ngasihnya ikhlas . Hehehe. . .” Yudis tertawa tanpa sedikitpun rasa bersalah. Ya … memang nyatanya mereka berdua tidak bersalah.

Dalam Bus besar itu tawa Yudis dan Dini menggelegar penuh kemenangan, dengan kompak mereka menatap ke arah polisi tadi sambil melambaikan tangan penuh dengan rasa hormat.

“Wakakkakakakka ….” Lagi-lagi mereka tertawa lepas.

0 Comments:

Post a Comment