Senin, 03 Desember 2007

Kecebong


Minggu ini Mamad dan Jono libur mengaji, karena guru yang biasa mengajar mereka mengaji sedang sakit, kabar yang mereka terima mengatakan kalau guru ngaji mereka sedang demam tinggi dan flu berat, kalaupun nekat datang ke ta'lim dan mengajar di khawatirkan nanti akan menularkan murid-muridnya. Maka jadilah sore ini Mamad dan Jono sepakat untuk kembali bermain bersama.

“Mad, kita main kemana nih ?” tanya Jono di tengah perjalanan mereka.

“Gue juga bingung Jon” jawab Mamad dengan santai dan tetap asik dengan roti di genggamanya.

Sore ini Mamad dan Jono benar-benar bingung, mereka terus menyusuri jalan tanpa mereka tau kemana tujuan mereka.

Padahal biasanya Mamad dan Jono setiap sorenya selalu bermain di lapangan balong. Mamad asik duduk di bawah pohon bambu sambil membuat suatu karya, entah itu ketapel, layang-layang, atau kuda-kudaan dari pelepah daun pisang. Mamad memang mempunyai tangan yang amat sangat kreatif, benda apa saja yang dia pegang bisa dia jadikan suatu karya (kecuali makanan).

Lain halnya dengan Jono, bocah yang berperawakan kurus ini bila sudah di lapangan balong, sudah pasti dia langsung beraksi. Mulai dari main kasti, galasin, tak jongkok bahkan nimbrung main lompat tali bersama anak-anak perempuan (maklum aja Jono anak yang supel, dia gak kaya Mamad yang rada pemalu). Namun sebenarnya Jono paling suka bermain bola, Jono cukup lihai bila menggiring bola, setiap bermain poisinya selalu menjadi gelandang-an (klo main bola Jono suka sembarangan, hantam sana, hantam sini. Main kasar gitu deh)

“Jon ... lu kenapa gak main bola aja di lapangan, kan biasanya lu main bola ?” Mamad tahu betul hoby Jono, dan Mamad pun tahu kalau jono bercita-cita ingin menjadi pemain bola seperti David Becham.

“Males ah ... abis lu gak mau ke lapangan balong. Nanti kalau gue main bola siapa yang nyorakin(nyemangatin) gue” Jono memang suka benget sama yang namanya main bola, tapi kalau Mamad gak mau nonton dia main bola, maka maleslah si Jono main bola. *halah ...aleman si Jono

Sudah tiga hari ini Mamad enggan bila di ajak main kelapangan, lantaran kamis sore lalu, Mamad melihat sosok aneh di sudut lapangan. Seseorang bertubuh besar berdiri tegap seolah sedang mengawasinya, dan yang membuat Mamad takut adalah sosok itu besar namun besar tubuhnya tidak seperti orang kebanyakan, sosok yang Mamad lihat amat tinggi, dan tingginya itu hampir setara dengan tiang antena TV Mak Jum. *menyeramkan, Mamad saja sampai terkenjing-kencing saat itu.

“Mad .. Mad ... liat deh !” tiba-tiba Jono menarik tangan Mamad.

“Aaaah ...elu Jon, narik-narik lagi. Roti gue jatoh dah!” Mamad yang sedang lapar berat langsung cemberut sambil menatap rotinya yang ia perkirakan masih bisa tiga kali suap lagi.

“Hehehehe .. maaf ya Mad, nanti di rumah gue ganti deh. Janji!” Jono langsung merangkul Mamad, agar Mamad tidak lagi cemberut.

“Ada apa sih, elu narik-narik gue?” Mamad masih memandang rotinya yang terjatuh.

“Itu Mad .. liat deh! .. gotnya banyak kecebongnya” dengan kompak kepala Mamad dan Jono memandang ke arah got yang lebar * jadi muatlah kalau Mamad nyemplung kesitu.

“Wah ..iya Jon, banyak banget, masuk yuk Jon, kita tangkep-tangkepin kecebongnya” Mamad segera melepas sandalnya, lalu masuk kedalam got.

Tanpa di komando lagi Jono segera mencari kantong plastik untuk di jadikan wadah kecebong. Lalu ikut masuk ke got bersama Mamad.

Sore itu Mamad dan Jono asik dengan permainan barunya, yaitu mencari kecebong di got yang berada di komplek perumahan elit.

“Cari yang banyak Mad, nanti kita jual ke anak-anak!”

“Iya Jon, nanti uangnya kita bagi dua”

“seeppp ... !!”

1 Comment:

  1. Anonim said...
    pepno. masih bersambung ye pep?

    waktu rotinya jatoh bagus tuh.

    bahasanya udah luwes..

    sukses buat kamu.
    :)

Post a Comment